background
Image

Salah satu kompetensi keahlian yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.


Rekayasa Perangkat Lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan software/perangkat lunak termasuk pembuatan, pengembanganan perangkat lunak/software dan manajemen kualitas.

Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Lulusan RPL dewasa ini sangat dibutuhkan untuk menjawab banyaknya kebutuhan industri bagi ketersediaan tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan software. Beberapa ruang lingkup pekerjaan di bidang RPL adalah Software Developer, Game Development, Software Tester, Software Engineering , Software Analis dan Integrator, Konsultan IT dan Programmer.

MATERI YANG DIPELAJARI SISWA RPL

  • Pemrograman Dasar
    Pemrograman yang memberikan dasar-dasar logika dimana sintak-sintak yang diberikan bersifat universal dan lebih mengedepankan pembentukan pola pikir seseorang tentang bagaimana membuat sebuah program yang efektif dan efisien.
    Pada dasarnya, pemrograman pada tingkat yang lebih lanjut memiliki logika dan cara yang berbeda, bergantung pada programmernya. Mulai dari keberhasilan, efisiensi, dan kepraktisan interaksi dengan user atau pengguna program dipengaruhi oleh algoritma dari programmernya.
  • Pemrograman Desktop & Mobile
    Pemrograman Dekstop
    merupakan suatu pemrograman yang di lakukan dengan memanipulasi elemen – elemen visual yang dilakukan pada sebuah computer yang pengoperasiannya tidak tergantung pada pc lain dalam jaringan ataupun web. Pemrograman Mobile
    pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile / smartphone yang dapat kita buat dengan menggunakan Java.
  • Web Service
    Tugas dari web service pada umumnya digunakan untuk melakukan sebuah respon dan request yang di lakukan antar client dan server. Dan aplikasi android bertugas hanya melakukan pengambilan data dari server. Web service mampu menunjang interoperabilitas. Sehingga web service mampu menjadi sebuah jembatan penghubung antara berbagai sistem yang ada dengan menggunakan JSON
  • Web Page Administrator
    Agar admin bisa memantau aktifitas yang dilakukan oleh user dengan mudah , maka admin perlu sebuah website admin untuk mengelola aktivitas para penggunanya. Di sini akan mempelajari bahasa pemrograman untuk membuat website yakni:
    PHP
    Sebagai side server digunakan untuk pengembangan website dinamis dan dapat disisipkan ke dalam HTML
    MySql
    Digunakan untuk mengelola database dengan menggunakan query, penggunaanya untuk website biasnya bersandingan dengan PHP untuk membuat website statis
    HTML
    Sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser untuk membuat halaman dan dokumen pada web
    CSS
    Salah satu bahasa pemrograman web untuk mengelola tampilan pada website, sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Pada umumnya CSS digunakan untuk memformat tampilan pada halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.
  • Pengelolaan Database
    Database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis dalam komputer yang dapat di olah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (Aplikasi) untuk menghasilkan informasi.
    Database ini sangat berguna untuk para mobile developer, yang bisa digunakan untuk menyimpan data pada aplikasi yang dibuat sehingga pengguna aplikasi bisa mengelola data dengan mudah. Misalnya melihat data, menambahkan data, mengubah data atau menghapus data.

PROSPEK KERJA SISWA RPL

  1. 1

    Wirausaha dibidang IT

    Telah banyak alumni kami yang sukses mendirikan Software House dan menjadi pengusaha sukses.

  2. 2

    UI / UX Designer

    Merupakan pekerjaan merancang sebuah design aplikasi agar lebih interaktif dan mudah digunakan.

  3. 3

    System Analysis

    Bertugas dalam melakukan analisis terhadap sistem dan membuat solusi integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak .

  4. 4

    Desktop And Mobile Developer

    Lulusan RPL bisa menjadi seorang programmer mobile developer Android maupun Desktop.

  5. 5

    Software Testing

    Pekerjaan yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan sebuah sistem dan penentuan apakah sesuai dengan hasil yang diharapkan.

“ Berhardware Teknologi — Bersoftware Religi”